LOWONGAN CPNS 2014 Ini Alasan Mundurnya Pendaftaran CPNS 2014

LOWONGAN CPNS 2014 Ini Alasan Mundurnya Pendaftaran CPNS 2014

Solopos.com, JAKARTA – Penetapan izin prinsip Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dikabarkan mundur. Hal ini disebabkan molornya pengajuan usulan perincian formasi CPNS yang seharusnya terakhir 24 Juli 2014. Akibatnya, jadwal pengumuman dan pendaftaran CPNS bisa jadi akan kembali molor.

"Penyampaian perincian formasi CPNS 2014 yang sudah masuk ke Kemenpan-RB sekitar 400 instansi dari 510 instansi. Rencananya penetapan perincian formasi CPNS tersebut oleh Menpan-RB akan dilaksanakan secara bertahap. Mudah-mudahan sesuai jadwal pada pekan kedua Agustus," beber Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kemenpan-RB Herman Suryatman seperti dikutip Kantor Berita Antara, Jumat (25/7/2014).

Dengan demikian, walaupun batas akhir penyerahan 24 Juli 2014 belum masuk semua, proses terus bergulir. Herman lagi-lagi mengimbau agar seluruh instansi pusat dan daerah secepatnya memasukkan perincian formasi dengan mengalokasi lima persen untuk sarjana semua jurusan.

Pemerintah berencana membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 Agustus mendatang. Seleksi yang akan dilakukan melalui pendaftaran terpusat ini akan mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11-24 Agustus 2014.

"Instansi yang membuka formasi CPNS dapat mengumumkan lowongan formasi antara 11-24 Agustus 2014," ucap Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RP, Setiawan Wangsaatmadja seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Setiawan mengatakan masyarakat luas tanpa kecuali dipersilakan mendaftar pos-pos lowongan yang dibuka. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman http://panselnas.menpan.go.id. Laman ini akan memuat pendaftaran resmi untuk segala posisi di kementerian maupun pemerintah daerah. Laman ini akan menerima pendaftaran online pada 25-29 Agustus 2014.

Setelah proses pendaftaran, para pendaftar seleksi CPNS 2014 harus melewati serangkaian ujian. Ujian yang akan dilewati dalam tahap awal yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). Pelaksanaan ujian ini dimulai pada 1 September 2014  sampai selesai dengan menggunakan sistem computer assisted test atau CAT.

Instansi terkait akan menyerahkan hasil TKD dan TKB kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). "Instansi wajib mengumumkan secara terbuka peserta dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online atau media cetak. Jadwal pengumuman masih bersifat sementara dan sewaktu waktu bisa berubah sesuai dengan perkembangan," tutupnya.

What's on Your Mind...