Simulasi Tes CPNS Kembali Diserbu Para Pencari Kerja

Simulasi Tes CPNS Kembali Diserbu Para Pencari Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses di Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menggelar simulasi simulasi ujian sistem computer assisted test (CAT) di Gedung Wanita, Bogor, Jawa Barat pada 24 Juni-25 Juni 2014.

Kepala Bagian Komunikasi Publik KemenPAN-RB Suwardi menuturkan, kegiatan ini dilakukan untuk menyosialisasikan penggunaan sistem CAT dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 baik di tingkat pusat dan daerah.

"Minat masyarakat sangat tinggi. Sampai siang ini saja sudah 300 peserta simulasi yang ikut. Sepertinya bisa sampai 1.000 orang sampai sore ini," kata Suwardi saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (24/6/2014).

Melihat tingginya minat masyarakat, lanjut Suwardi, rencananya KemenPAN-RB bakal menggelar acara simulasi ini di kota-kota lainnya. Padahal tadinya, kegiatan ini hanya akan digelar di Jakarta dan Bogor.

"Nanti di Bandung mau dicoba sebelum Agustus. Ada juga beberapa daerah lainnya," tuturnya.

Dia menerangkan, untuk mengikuti simulasi ini peserta mesti mengantre untuk mendapatkan nomor registrasi. Kemudian dengan nomor tersebut peserta baru bisa  membuka lembar soal. "Hasilnya langsung bisa dilihat," ujar dia.

Dengan telah mengikuti simulasi ini, masyarakat mempunya gambaran jika ingin mendaftar seleksi CPNS 2014. Rencananya, kata Suwardi, pemerintah bakal membuka pendaftaran untuk mencari 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) pada minggu ketiga Juli 2014.

"Formasi itu terdiri atas 65 ribu CPNS dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Di akhir Juli sudah dibuka di beberapa Kementerian/Lembaga dan daerah," tutur Suwardi. (Ndw)

(Nurseffi Dwi Wahyuni)

What's on Your Mind...