Info CPNS 2014 : KemenPAN-RB Siap Umumkan Formasi CPNS

Info CPNS 2014 : KemenPAN-RB Siap Umumkan Formasi CPNS

Info CPNS 2014 : KemenPAN-RB Siap Umumkan Formasi CPNS

iBerita.com — KemenPAN-RB Siap Umumkan Formasi CPNS. Pembukaan pendafatarn calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 memang baru akan dibuka pada minggu ketiga bulan Juli nanti, tetapi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah akan mengumumkan formasi CPNS 2014 secara on line.

Pengumuman informasi mengenai formasi CPNS secara online memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya, penentuan formasi ditentukan oleh masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK) lewat rapat koordinasi. Setelah itu PPK-lah yang akan mengumumkan formasinya, apakah lewat media massa, website, atau sekadar ditempel di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengungkapkan, "Ini demi efisiensi dan efektivitas saja, makanya formasi CPNS kita umumkan lewat website kita KemenPAN-RB," ujarnya pada Senin (23/6) di kantornya.

Pengumuman formasi CPNS secara langsung melalui webstie KemenPAN-RB menguntungkan bagi masyarakat. Hal ini lantaran seluruh masyarakat dapat melihat semua formasi yang telah disiapkan pemerintah. Berdasarkan data KemenPAN-RB, tercatat ada 31 kementerian, 40 lembaga, 28 provinsi, dan 383 kabupaten/kota yang akan mengadakan seleksi CPNS tahun ini.

"Seluruh formasi di instansi pusat dan daerah akan kita umumkan lewat website. Ini agar lebih praktis juga," lanjut Setiawan pula.

Meski demikian, setiap instansi daerah atau kementrian dan lembaga tetap memiliki wewenang untuk mengumumkan formasi yang dibuka. Masih menurut Setiawan, masing-masing instansi akan mendapatkan formasi CPNS yang diteken MenPAN-RB Azwar Abubakar. "Instansi pusat dan daerah akan mengumumkannya juga. Hanya saja biar serentak, pusat akan memulai duluan agar pelamar sudah menyiapkan diri," ujarnya.

Pengumuman formasi CPNS 2014 ini memang belum muncul di website KemenPAN-RB. Tetapi Setiawan memastikan jika pengumuman formasi ini akan dilakukan secepatnya, "Rencananya sih, kalau bukan hari ini ya besok. Ini sudah siap semuanya kok," pungkasnya.

Advertisement

What's on Your Mind...